Supportive Educative System Dalam Meningkatkan Kemandirian Perawatan Kaki Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12269Abstract
Peningkatan prevalensi penyakit diabetes melitus menyebabkan komplikasi diabetes melitus juga semakin meningkat. Komplikasi diabetes merupakan salah satu masalah utama bagi penyandang diabetes pada umumnya. Meningkatnya penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah, baik mikrovaskular seperti retinopati, nefropati maupun makrovaskular seperti penyakit pembuluh darah koroner dan juga pembuluh darah tungkai bawah merupakan komplikasi dari penyakit DM dimana sangat perlu tindakan pencegahan. Tindakan yang mendukung pengelolaan DM adalah tindakan perawatan secara mandiri (self care), dikarenakan DM merupakan penyakit kronis yang umum terjadi pada dewasa yang membutuhkan supervisi medis berkelanjutan dan Supportive educative system merupakan kegiatan untuk membantu individu dalam meningkatkan kemampuan (perilakunya) dalam pemantauan glukosa darah mandiri, nutrisi, aktivitas fisik dan pengobatan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta bertujuan mengelola bahan penelitian untuk mensintesis suport edukasi system dalam meningkatkan kemandirian perawatan pasien DM tipe II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supportive educative system terhadap peningkatan perawatan kaki mandiri pada pasien diabetes mellitus tipe II, terbukti memiliki hubungan dengan perilaku perawatan kaki, pemberian edukasi agar seseorang dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan, ketrampilan dan sikap diri, dimana proses pemahaman pasien DM dapat terjadi melalui pendidikan kesehatan, dengan memberikan informasi sehingga akan timbul kesadaran pada individu atau masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.Downloads
Published
2023-02-13
How to Cite
Kereh, H. F. ., & Rellam, D. C. . (2023). Supportive Educative System Dalam Meningkatkan Kemandirian Perawatan Kaki Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5919–5923. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12269
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Heyni Fitje Kereh, Detalia Claudia Rellam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









