PembinaanAkhlak Siswa Pada Era Digital di SD Negeri 69Kecamatan Muara Bangka Hulu Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12260Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan pembinaan akhlak siswa pada era digital di Sekolah Dasar Negeri 69 Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu 2. Untuk mendeskripsikan metode pembinaan akhlak siswa pada era digital di Sekolah Dasar Negeri 69 Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu 3. Untuk evaluasi faktor penghambat dan pendukung pembinaan akhlak siswa pada era digital di Sekolah Dasar Negeri69 Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu? Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Kepala sekolah serta dewan guru telah melakukan pembinaan akhlak siswa dengan cara membuat program-program keagamaan dalam lingkungan sekolah. 2. Pembinaanakhlak menggunakan metode teladan dan pembiasaan. 3. Faktor pendukung pembinaan akhlak yakni meningkatnya kerjasama antara kepala sekolah, dewan guru, serta wali murid. Adanya sarana prasarana serta program keagamaan yang terperinci dan terjadwal dengan baik. Faktor penghambat dalam pembinaan akhlak yakni ada guru yang tidak mengikuti program keagamaan dengan optimal, masih ada oknum guru yang tidak memberikan teladan yang baik, masih ada wali murid yang tidak optimal membimbing anak-anaknya dirumah serta siswa belum mampu mengatur waktu bermain gawai.Downloads
Published
2023-02-11
How to Cite
Abada, A., Noer Aly, H. N. A., & Nurhidayat, N. (2023). PembinaanAkhlak Siswa Pada Era Digital di SD Negeri 69Kecamatan Muara Bangka Hulu Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5903–5911. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12260
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Abada, Hery Noer Aly, Nurhidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).