Pentingnya Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Guru PAK

Authors

  • Glorya Loloangin Universitas Kristen Indoesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12057

Abstract

Motivasi merupakan sebuah dorongan, rangsangan, maupun keinginan yang dijadikan sebagai dasar dari seseorang untuk mengerjakan sesuatu agar dapat mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia psikologi, dorongan untuk bermotivasi bisa muncul dari intrinsik (internal) atau ekstrinsik (eksternal). Motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Karena suatu nilai motivasi yang rendah dapat melemahkan keberhasilan belajar peserta didik. Tugas guru PAK adalah membimbing peserta didik dan membantu mereka untuk meningkatkan motivasi belajar mereka. Guru PAK dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik dengan berbagai metode pembelajaran yang kreatif untuk menarik perhatian peserta didik. Tugas guru PAK dapat mengarahkan, menasehati, membimbing, mengajar, memberikan motivasi yang membangun untuk diri peserta didik. Oleh karena itu permasalahan yang terjadi saat ini adalah kurangnya motivasi guru PAK terhadap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dilakukan oleh Guru PAK agar peserta didik dapat mencapai tujuan Pendidikan sesuai dengan apa yang diharpakan dan dicita-citakan. Sehinga dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif kepustakaan (library research) yang menggali berbagai informasi dari berbagai sumber tertulis. oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai hasil yang berkualitas dan bermutu dari suatu lembaga Pendidikan di sekolah maka perlu meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui guru PAK.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Loloangin, G. . (2023). Pentingnya Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Guru PAK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5720–5725. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12057