Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Nilai Karakter Peserta Didik Muatan Bahasa Indonesia

Authors

  • Amar Salahuddin Universitas Dharmas Indonesia
  • Samsiwal Komar Universitas Dharmas Indonesia
  • Dodi Widia Nanda Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12054

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Develepment (R&D).Untuk menghasilkan suatu produk dengan pemilihan pengembangan yang baik maka menghasilkan produk yang baik juga. Metode penelitian dan pengembangan (research and development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Prosedur pengembangan ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu: Analyze (Analisis), Design (Perancang), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), Evaluate (Evaluasi). Berdasarkan hasil dari penilaian praktisi oleh guru kelas IV SDN 10 Koto Baru  mendapatkan hasil nilai 90 % dikategorikan sangat praktis. Dan Praktisi oleh siswa kelas IV SDN 10 Koto Baru mendapatkan hasil nilai 92,9% dikategorikan sangat praktis dengan memliki nilai rata-rata 91, 45 %  kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil nilai yang tuntas  82, 35 %  yang mana terdiri dari 14 orang siswa yang tuntas KKM dan 3 orang siswa yang tidak tuntas 17, 64 %, maka bahwa video animasi ini dikategorikan efektif. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran audio visual dikatakan efektif untuk digunakan oleh siswa SDN 10 Koto Baru pada saat proses pembelajaran dan meningkatkan nilai KKM siswa

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Salahuddin, A., Komar, S. ., & Nanda, D. W. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Nilai Karakter Peserta Didik Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5762–5769. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12054