Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Nilai Karakter Peserta Didik Muatan Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12054Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Develepment (R&D).Untuk menghasilkan suatu produk dengan pemilihan pengembangan yang baik maka menghasilkan produk yang baik juga. Metode penelitian dan pengembangan (research and development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Prosedur pengembangan ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu: Analyze (Analisis), Design (Perancang), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), Evaluate (Evaluasi). Berdasarkan hasil dari penilaian praktisi oleh guru kelas IV SDN 10 Koto Baru mendapatkan hasil nilai 90 % dikategorikan sangat praktis. Dan Praktisi oleh siswa kelas IV SDN 10 Koto Baru mendapatkan hasil nilai 92,9% dikategorikan sangat praktis dengan memliki nilai rata-rata 91, 45 % kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil nilai yang tuntas 82, 35 % yang mana terdiri dari 14 orang siswa yang tuntas KKM dan 3 orang siswa yang tidak tuntas 17, 64 %, maka bahwa video animasi ini dikategorikan efektif. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran audio visual dikatakan efektif untuk digunakan oleh siswa SDN 10 Koto Baru pada saat proses pembelajaran dan meningkatkan nilai KKM siswaDownloads
Published
2023-02-02
How to Cite
Salahuddin, A., Komar, S. ., & Nanda, D. W. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Nilai Karakter Peserta Didik Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5762–5769. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12054
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amar Salahuddin, Samsiwal Komar, Dodi Widia Nanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).