An Analysis of Students’ Cohesion and Coherence in Writing Argumentative Essay
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11833Abstract
Kohesi dan koherensi merupakan aspek-aspek tulisan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tulisan. Namun, mempertahankan kohesi dan koherensi dalam sebuah teks menjadi tantangan bagi sebagian siswa, khususnya mereka yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Berdasarkan observasi awal terhadap mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam menjaga komponen kohesi dan koherensi dalam esai mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki komponen kohesi dan koherensi dalam esai argumentatif siswa. Analisis didasarkan pada komponen koherensi teks oleh Oshima & Hogue (2006) yang melibatkan perangkat kohesi, seperti kohesi gramatikal dan kohesi leksikal menciptakan pengulangan kata kunci, konsistensi kata ganti, sinyal transisi, dan urutan logis dari teks. teks. Objek penelitian ini adalah 16 esai argumentatif yang ditulis oleh mahasiswa semester 4 Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo tahun ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis isi yang dikemukakan oleh Denscombe (2014). Hasilnya menunjukkan bahwa esai argumentatif siswa mencapai tingkat penerapan komponen kohesi dan koherensi yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor mereka mencapai 66,95%. Para siswa memanfaatkan perangkat kohesi untuk membangun koherensi esai argumentatif mereka. Mereka akrab dengan komponen kohesi dan koherensi tetapi masih memiliki pemahaman yang terbatas tentang peran beberapa item dalam komponen kohesi dan koherensi. Ini mencakup konsistensi kata ganti dan kata transisi yang dibangun oleh item referensi dan konjungsi. Toh tidak mempengaruhi hasil akhir karena komponen kohesi dan koherensi yang sesuai sudah tampak dominan.Downloads
Published
2023-01-22
How to Cite
Nadia, R. ., Mohammad, T. F. ., & Bantulu, Y. . (2023). An Analysis of Students’ Cohesion and Coherence in Writing Argumentative Essay. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5249–5260. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11833
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Resa Nadia, Titien Fatmawaty Mohammad, Yusna Bantulu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









