Perkembangan Ilmu Lingkungan melalui Pendidikan Tinggi dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11831Abstract
Ilmu lingkungan merupakan salah satu bidang ilmu yang masih baru. Ilmu ini lahir sebagai respons atas berubahnya kondisi lingkungan hidup yang semakin memprihatinkan. Ilmu lingkungan telah dipelajari di berbagai perguruan tinggi di berbagai belahan dunia. Sebagai ilmu yang baru, ilmu lingkungan memiliki posisi yang berbeda di perguruan tinggi dengan berbagai status dari mulai matakuliah, jurusan, program studi, departemen, fakultas hingga sekolah. Mempelajari ilmu lingkungan juga akan berhubungan erat dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Namun ini semua perlu didalami dan dikaji lebih mendalam mengenai perkembangan dan perannya. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan dan peran ilmu lingkungan melalui pendidikan tinggi dan kontribusinya dalam mengembangkan konsep pembangunan berkelanjutan terutama di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui studi pustaka (desk study). Hasil penelitian sementara menunjukan bahwa ilmu lingkungan telah berkembang seiring dan sesuai dengan kondisi lingkungan hidup global. Di perguruan tinggi baik di dunia maupun di Indonesia telah mengajarkan ilmu lingkungan, bahkan menjadi salah satu ilmu yang diminati dan berkembang saat ini. Selain itu ilmu lingkungan memiliki peran penting dalam sumbangan pemikirannya bagi Indonesia dan dunia serta untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.Downloads
Published
2023-01-22
How to Cite
Pramudianto, A. . (2023). Perkembangan Ilmu Lingkungan melalui Pendidikan Tinggi dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5222–5239. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11831
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Andreas Pramudianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









