Penerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 32 Tumampua VI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11818Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) pada Siswa kelas IV di SDN 32 Tumampua VI. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang berbasis kelas, adapun desain penelitian ini menggunakan Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanan (planning), pelaksanan tindakan (acting), pengamatan (observation), serta refleksi (reflection) yang dipandang sebagai satu siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar yang diperoleh dari tes akhir siklus, pada akhir siklus I dengan skor rata-rata 64 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 15,35 sedangkan pada akhir siklus II dengan skor rata-rata 84,5 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 8,25. Hal ini menunjukkan adanya kenaikan nilai rata-rata dari siklus I kesiklus II. Terjadi perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu dengan adanya penerapan model pembelajaran kooperatif tipeTGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk bertanya baik kepada guru maupun kepada temannya tentang materi yang tidak dimengerti serta dapat meningkatkan kehadiran siswa.Downloads
Published
2023-01-22
How to Cite
Nadira, N. ., Rismawati, R., Purnamasari, P., & Nurlindayanti, F. . (2023). Penerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 32 Tumampua VI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5092–5098. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11818
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nurwindah Nadira, Rismawati, Purnamasari, Firnanda Nurlindayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









