Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Boneka Tangan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 32 Tumampua VI Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11779Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui boneka tangan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Tumampua Kab. Pangkep. Data penelitian berupa penilaian guru dan penilaian siswa dalam menilai kemampuan bercerita dalam proses pembelajaran dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan bercerita melalui boneka tangan mengalami peningkatan, baik dalam proses pembelajaran maupun hasil belajar. Proses pembelajaran menulis siklus I kurang memuaskan dan suasana kelas kurang kondusif. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata keseluruhan siswa pada siklus I sebesar 56% sedangkan nilai pada siklus II sebesar 81% dengan peningkatan sebesar 49%. Semua aspek penilaian tergolong sangat kurang pada siklus I dan meningkat menjadi kategori baik pada siklus II.Downloads
Published
2023-01-20
How to Cite
Muchtar, F. Y. ., Arifani, T. ., andira, A. ., Fitriyani, F., & Ihwani, N. F. . (2023). Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Boneka Tangan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 32 Tumampua VI Pangkep. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4944–4951. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11779
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fitri Yanty Muchtar, Tahrina Arifani, Ayu andira, Fitriyani, Nur Febrianti Ihwani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









