Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Boneka Tangan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 32 Tumampua VI Pangkep

Authors

  • Fitri Yanty Muchtar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tahrina Arifani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ayu andira Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fitriyani Fitriyani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Febrianti Ihwani Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11779

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui boneka tangan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Tumampua Kab. Pangkep. Data penelitian berupa penilaian guru dan penilaian siswa dalam menilai kemampuan bercerita dalam proses pembelajaran dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan bercerita melalui boneka tangan mengalami peningkatan, baik dalam proses pembelajaran maupun hasil belajar. Proses pembelajaran menulis siklus I kurang memuaskan dan suasana kelas kurang kondusif. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata keseluruhan siswa pada siklus I sebesar 56% sedangkan nilai pada siklus II sebesar 81% dengan peningkatan sebesar 49%. Semua aspek penilaian tergolong sangat kurang pada siklus I dan meningkat menjadi kategori baik pada siklus II.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Muchtar, F. Y. ., Arifani, T. ., andira, A. ., Fitriyani, F., & Ihwani, N. F. . (2023). Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Boneka Tangan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 32 Tumampua VI Pangkep. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4944–4951. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11779