Pemberian Pelatihan SISKa untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja pada Siswa Kelas XII SMKN 1 Singosari
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11730Abstract
Tingginya tingkat pengangguran pada jenjang SMK saat ini menjadi tantangan yang sedang kita hadapi, hal ini disebabkan masih adanya kesenjangan antara dunia Pendidikan dan dunia kerja. Keterampilan yang dibutuhkan lulusan untuk industri dibagi menjadi dua aspek, yaitu aspek hard skill dan soft skill. Keterampilan atau soft skill menjadi salah satu faktor pendukung dalam mempersiapkan kesiapan siswa dalam menghadapi dunia kerja. Kesenjangan yang terjadi dapat dikurangi dengan melakukan Pelatihan. Aspek pelatihan SISKa mencakup 6 komponen yaitu Tanggung jawab, fleksibilitas, pandangan diri, keterampilan, komunikasi, kebersihan dan keselamatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi intervensi pelatihan SISKa sesuai untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa dan siswi SMKN 1 Singosari. Subjek penelitian yaitu siswa dan siswi kelas 12 SMKN 1 Singosari. Peneliti mengukur nilai kesiapan kerja melalui survei dengan jumlah total 42 orang peserta. Alat ukur kesiapan kerja menggunakan skala kesiapan kerja dari Brady (2010). Dari pengukuran menggunakan Teknik analisis paired sample t-test, ditemukan hasil bahwa terdapat perbedaan signifikan dari peserta sebelum dan setelah pelatihan SISKa (t=0,007< ? 0.05). Berdasarkan hasil analisis setiap aspek kesiapan kerja diketahui bahwa peningkatan tertinggi adalah aspek komunikasi dengan rata-rata yaitu 1,75 sedangkan yang mendapatkan peningkatan paling rendah adalah pada aspek keterampilan yaitu 0,43..Downloads
Published
2023-01-18
How to Cite
Mahasin, A. ., Suhariadi, F. ., & Eko, M. . (2023). Pemberian Pelatihan SISKa untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja pada Siswa Kelas XII SMKN 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4694–4700. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11730
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Alfin Mahasin, Fendy Suhariadi, Maria Eko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









