Evaluasi Pelaksanaan Program Tahfizul Qur’an Menggunakan Model Cipp (Context, Input, Process, Dan Product) di SMP Negeri 3 Ampek Angkek Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11690Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada progam Tahfizul Qur’an di SMP Negeri 3 Ampek Angkek, yaitu (1)kurangnya persiapan pembelajaran, (2)sarana prasarana yang kurang, (3) progam Tahfizul Qur’an SMP Negeri 3 Ampek Angkek yang belum pernah melakukan evaluasi. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui (1) evaluasi context pada Progam Hafalan di SMP Negeri 3 Ampek Angkek, berupa visi, misi lembaga dan tujuan program hafalan, (2) evaluasi input pada Progam tahfiz di SMP Negeri 3 Ampek Angkek, berupa sumber pendanaan, kemampuan hafalan dan latar belakang pendidikan pengajar, dan kualifikasi santri progam hafalan di SMP Negeri 3 Ampek Angkek 3) evaluasi process pada Progam Hafalan di SMP Negeri 3 Ampek Angkek, berupa kegiatan pembelajaran pada progam hafalan di SMP Negeri 3 Ampek Angkek (4) evaluasi product pada Progam Hafalan SMP Negeri 3 Ampek Angkek, berupa hasil capaian belajar santri progam hafalan SMP Negeri 3 Ampek Angkek. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Populasi adalah siswa program tahfiz pada SMP Negeri 3 Ampek Angkek. Sampel ditarik dari populasi menggunakan teknik sampling purposive dengan kriteria, (1)merupakan siswa program hafalan, (2) sudah mampu membaca al-Qur’an dengan baik, (3) Sudah mengikuti 1 semester program hafalan. Penelitian menggunakan pendekatan mix method (kuantitatf dan kualitatif). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Data kualitatif di analisis secara interaktif melalui 4 tahapan yaitu (1)pengumpulan data, (2)reduksi data, (3)penyajian data, dan (4)pengambilan kesimpulan. Data Kuantitatif di analisis menggunakan analisis persentase. Data penelitian ini diambil melalui dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1)pada evaluasi context, progam tahfiz pada SMP Negeri 3 Ampek Angkek mendapatkan nilai sangat baik dengan skor 100%, (2) pada evaluasi input, progam tahfiz di SMP Negeri 3 Ampek Angkek mendapatkan nilai baik dengan skor 75%, (3) pada evaluasi process, progam tahfiz di SMP Negeri 3 Ampek Angkek mendapatkan nilai baik dengan skor 69,8%, (4) pada evaluasi product, progam tahfiz di SMP Negeri 3 Ampek Angkek mendapatkan nilai sangat baik dengan skor 81.25%, (5) rekomendasi untuk progam tahfiz di SMP Negeri 3 Ampek Angkek adalah merevisi programDownloads
Published
2023-01-18
How to Cite
Qadafi, M. ., M, I. ., & Arifmiboy, C. . (2023). Evaluasi Pelaksanaan Program Tahfizul Qur’an Menggunakan Model Cipp (Context, Input, Process, Dan Product) di SMP Negeri 3 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4258–4268. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11690
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Qadafi, Iswantir M, Charles, Arifmiboy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).