Evaluasi Pelaksanaan Program Tahfizul Qur’an Menggunakan Model Cipp (Context, Input, Process, Dan Product) di SMP Negeri 3 Ampek Angkek Kabupaten Agam

Authors

  • Muhammad Qadafi Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir M Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Charles, Arifmiboy Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11690

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada progam Tahfizul Qur’an di SMP Negeri 3 Ampek Angkek, yaitu (1)kurangnya persiapan pembelajaran, (2)sarana prasarana   yang   kurang,   (3) progam Tahfizul Qur’an SMP Negeri 3 Ampek Angkek yang   belum   pernah melakukan evaluasi. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui (1) evaluasi context pada Progam Hafalan di SMP Negeri 3 Ampek Angkek, berupa visi, misi lembaga dan tujuan program hafalan, (2) evaluasi input pada Progam tahfiz di SMP Negeri 3 Ampek Angkek, berupa sumber pendanaan, kemampuan hafalan dan latar belakang pendidikan pengajar, dan kualifikasi santri progam hafalan di SMP Negeri 3 Ampek Angkek 3) evaluasi process pada Progam Hafalan di SMP Negeri 3 Ampek Angkek, berupa kegiatan pembelajaran pada progam hafalan di SMP Negeri 3 Ampek Angkek (4) evaluasi product pada Progam Hafalan SMP Negeri 3 Ampek Angkek, berupa hasil capaian belajar santri progam hafalan SMP Negeri 3 Ampek Angkek. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Populasi adalah siswa program tahfiz pada SMP Negeri 3 Ampek Angkek. Sampel ditarik dari populasi menggunakan  teknik  sampling  purposive  dengan  kriteria,  (1)merupakan  siswa program hafalan, (2)   sudah mampu membaca al-Qur’an dengan baik, (3) Sudah mengikuti 1 semester program hafalan. Penelitian menggunakan pendekatan mix method (kuantitatf dan kualitatif). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product).  Data  kualitatif  di  analisis  secara  interaktif  melalui  4  tahapan  yaitu (1)pengumpulan  data,  (2)reduksi  data,  (3)penyajian  data,  dan  (4)pengambilan kesimpulan. Data Kuantitatif di analisis menggunakan analisis persentase. Data penelitian ini diambil melalui dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1)pada evaluasi context, progam tahfiz pada SMP Negeri 3 Ampek Angkek mendapatkan nilai sangat baik dengan skor 100%, (2) pada evaluasi input, progam tahfiz di SMP Negeri 3 Ampek Angkek mendapatkan nilai baik dengan skor 75%, (3) pada evaluasi process, progam tahfiz di SMP Negeri 3 Ampek Angkek mendapatkan nilai baik dengan skor 69,8%, (4) pada evaluasi product, progam tahfiz di SMP Negeri 3 Ampek Angkek mendapatkan nilai sangat baik dengan skor 81.25%, (5) rekomendasi untuk progam tahfiz di SMP Negeri 3 Ampek Angkek adalah merevisi program

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Qadafi, M. ., M, I. ., & Arifmiboy, C. . (2023). Evaluasi Pelaksanaan Program Tahfizul Qur’an Menggunakan Model Cipp (Context, Input, Process, Dan Product) di SMP Negeri 3 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4258–4268. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11690