Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK IT Alqimmah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11685Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMK IT Al Qimmah Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode pembelajaran Akuntansi di SMKN 2 Selong didominasi oleh metode mengajar lama yaitu metode ceramah dan pemberian tugas, hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan menerima apa yang diberikan oleh guru. Disamping itu juga siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran dan siswa lebih banyak memilih untuk diam, sehingga komunikasi hanya berjalan satu arah, oleh karna itu untuk memecahkan masalah tersebut peneliti mencoba menggunakan Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI 1 sebagai kelompok eskperimen yang jumlahnya 27 orang siswa dan kelas XI 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 27 orang siswa. Setelah pengumpulan dan pengolahan data, peneliti mendapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 85,18, sementara pada kelompok kontrol nilanya 71,56. Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan rumus t-tes. Peneliti menemukan nilai t-tes yaitu 4,276 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,684 maka hipotesisnya diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI.Downloads
Published
2023-01-17
How to Cite
Iswandi, T. . (2023). Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK IT Alqimmah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4197–4203. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11685
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Taufan Iswandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).