Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Role Play Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Speaking Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Wanasaba
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11683Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama tiga guru Bahasa Inggris yang ada di SMA Negeri 1 Wanasaba didapatkan bahwa permasalah utama pada siswa adalah kurangnya keaktifan siswa pada proses pembelajaran. Selain itu permasalahan siswa pada mata pelajaran Bahasa inggris adalah masih rendahnya kemampuan keterampilan Speaking siswa diantara keempat keterampilan dalam kemampuan berbahasa. Dari permasalahan di atas diperlukan sebuah strategi yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan speaking siswa pada mata pelajaran Bahasa inggris yakni penerapan model cooperative learning dengan teknik role play. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan speaking siswa kelas X IPA SMAN 1 Wanasaba. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA yang terdiri dari 3 kelas (IPA 1, IPA 2, dan IPA 3). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ada peningkatan keaktifan belajar siswa pada masing-masing siklus. Itu artinya bahwa model pembelajaran cooperative learnig dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Wanasaba. Ada peningkatan kemapuan speaking siswa pada masing-masing siklus yang mengindikasikan bahwa tehnik role play dapat meningkatkan kemampua speaking siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Wanasaba.Downloads
Published
2023-01-17
How to Cite
Fikri, Z. ., Sulaiman, S., & Busyairi, A. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Role Play Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Speaking Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Wanasaba. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4181–4189. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11683
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Zaenul Fikri, Sulaiman, Ahmad Busyairi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









