Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqy Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Iman Al-Qurbah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11675Abstract
Anak usia dini merupakan masa keemasan bagi proses tumbuh kembang seorang anak. Dalam Fase ini perkembangan anak sangat pesat dan sangat membutuhkan stimulusi tepat yang dapat membentuk karakter anak ke depannya. Oleh karena itu, salah satu cara yang paling efektif untuk memberikan stimulasi yang baik untuk anak adalah mendekatkan atau membiasakannya berinteraksi dengan kitab suci Al-Qur’an dan mengajarkan anak mulai menghafal Al-qur’an sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode talaqqy dalam meningkatkan kemapuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini serta mengetahui kelebihan dan kekurangan yang didapatkan dalam menerapkan metode talaqqy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, penarikan kesimpulan dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan metode Al-Qur’an yang diterapkan di TK Iman Al Qurbah Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode talaqqy dalam menghafal Al-Qur’an untuk anak usia dini merupakan hal yang paling efektif, yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menghafal peserta didik. Selain itu, juga banyak manfaat dengan menerapkan metode tersebut, seperti adanya interaksi antara guru dengan peserta didik secara langsung, dapat melihat kesalahan-kesalahan peserta didik dalam penyebutan huruf atau makhroj dan dapat mengevaluasi tingkat pencapaian anak dalam menghafal Alquran.Downloads
Published
2023-01-17
How to Cite
Asqia, N. ., & Suridha, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqy Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Iman Al-Qurbah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4129–4138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11675
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nurul Asqia, Suridha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).