Upaya Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Demonstrasi di Sekolah Dasar

Authors

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aufa Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ainun Mardiah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lutfi Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Sakinah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wahyu Azhari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11647

Abstract

Memilih metode yang terbaik dalam pembelajaran adalah cara yang paling jitu untuk meningkatkan kualitas belajar siswa terutama anak SD pada pembelajaran IPA, Oleh karena itu metode demonstrasi adalah metode yang tepat, sebagai mana hasil dari penelitian kami yang menyatakan bahwa pada siklus I sudah mulai ada peningkatan namun belum mencapai target karena masaih 50% siswa yang mendapatkan nilai tuntas, kemudian pada siklus ke II pembelajaran sudah memenuhi target karena rata-rata siswa mendapatkan nilai 90 dan 100% siswa mendapatkan nilai Tuntas dengan demikian metode demonstrasi bisa di jadikan metode yang tepat untuk menyampaikan materi terutama materi IPA. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan penelitian dilaksanakan dalam waktu tiga hari yakni dari tanggal 25 Oktober 2022-27 oktober 2022, serta subjek penelitianya adalah guru dan murid.  

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Khairunnisa, K., Aufa, A., Mardiah, A. ., Aulia, L. ., Sakinah, N. ., & Azhari, W. . (2023). Upaya Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Demonstrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4006–4010. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11647