Peran Bimbingan Konseling Islam dalam Meningkatkan Produktivitas Belajar Siswa

Authors

  • Dewi safitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adilla hariyuni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Imam Ismail Telaumbanua Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suliatun Nisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11595

Abstract

Dalam bidang pendidikan hambatan seperti keterbatasan media, kurangnya efektivitas materi yang didapatkan siswa saat pembelajaran berlangsung karena banyaknya gangguan disekitar lingkungan siswa, terdapat perasaan lelah dan kurang semangat yang dialami siswa karena berlama-lama didepan gawai, banyaknya negative thinking atas segala keterbatasan, serta kurangnya interaksi siswa dengan teman sebayanya, dan juga banyak orangtua yang kewalahan mengawasi anaknya yang sedang belajar online karena berbarengan dengan pekerjaan sehari-hari. Dalam kegiatan belajar mengajar, bahwa siswa untuk mendapatkan nilai prestasi yang semakin tinggi, dapat dilihat dengan tingkat pemahaman konsep dan materi yang tinggi dari siswa tersebut. Selain itu juga bahwa model dan media pembelajaran yang dipakai harus tepat dan sesuai. Dalam kegiatan belajar tidak jarang bahwa siswa akan dibantu oleh orang tuanya, karena sebagian besar masih terdapat siswa yang harus dibimbing dalam belajar sehari-hari maupun dalam penggunaan media belajar seperti handphone (gawai).

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

safitri, D. ., hariyuni, A. ., Telaumbanua, I. I. ., & Nisa, S. . (2023). Peran Bimbingan Konseling Islam dalam Meningkatkan Produktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3652–3659. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11595