Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Konsep dan Kebijakan Perdagangan Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Lintas Minat Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Langkat Tahun Ajaran 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11592Abstract
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 MAN 2 Langkat untuk mempelajari konsep dan kebijakan perdagangan internasional lintas kepentingan. Sesuai dengan tujuan pembelajaran Ekonomi, model pembelajaran pemecahan masalah ini dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menggunakan pikirannya untuk memecahkan masalah. dengan menemukan solusi untuk masalah yang menghadirkan tantangan mental yang berbeda untuk meningkatkan hasil belajar dan mendorong motivasi. Penelitian Tindakan Kelas atau PTK digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis tersebut. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam beberapa siklus. Merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati hasil tindakan (observasi), dan merefleksi adalah empat tahapan yang membentuk setiap siklus. Pemecahan masalah kooperatif digunakan sebagai metode penelitian. Berdasarkan temuan penelitian, mahasiswa S2 ekonomi kelas XI MIPA 1 MAN 2 L tahun ajaran 2020-2021 berhasil diajarkan konsep dan kebijakan perdagangan internasional melalui penggunaan model pembelajaran pemecahan masalah.Downloads
Published
2023-01-15
How to Cite
Isfahani, . H. . (2023). Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Konsep dan Kebijakan Perdagangan Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Lintas Minat Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Langkat Tahun Ajaran 2020-2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3623–3633. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11592
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Hamzah Isfahani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).