Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Konsep dan Kebijakan Perdagangan Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Lintas Minat Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Langkat Tahun Ajaran 2020-2021

Authors

  • Hamzah Isfahani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11592

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 MAN 2 Langkat untuk mempelajari konsep dan kebijakan perdagangan internasional lintas kepentingan. Sesuai dengan tujuan pembelajaran Ekonomi, model pembelajaran pemecahan masalah ini dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menggunakan pikirannya untuk memecahkan masalah. dengan menemukan solusi untuk masalah yang menghadirkan tantangan mental yang berbeda untuk meningkatkan hasil belajar dan mendorong motivasi. Penelitian Tindakan Kelas atau PTK digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis tersebut. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam beberapa siklus. Merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati hasil tindakan (observasi), dan merefleksi adalah empat tahapan yang membentuk setiap siklus. Pemecahan masalah kooperatif digunakan sebagai metode penelitian. Berdasarkan temuan penelitian, mahasiswa S2 ekonomi kelas XI MIPA 1 MAN 2 L tahun ajaran 2020-2021 berhasil diajarkan konsep dan kebijakan perdagangan internasional melalui penggunaan model pembelajaran pemecahan masalah.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Isfahani, . H. . (2023). Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Konsep dan Kebijakan Perdagangan Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Lintas Minat Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Langkat Tahun Ajaran 2020-2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3623–3633. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11592