Efektivitas Penanaman Sikap Toleransi Pada Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran PAUD di TK Bustanul Atfal II
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11588Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa baik kinerja dari model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran PAUD dalam mengembangkan sikap toleransi pada anak usia 5 sampai 6 tahun di TK Bustanul Atfhal II. Pendekatan eksperimental dikombinasikan dengan metodologi penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Informasi terkait data penelitian dikumpulkan melalui observasi, survei, dan dokumentasi. Temuan studi mengungkap bahwa pendidikan karakter yang diimplementasikan oleh guru berbasis keluarga efektif untuk penanaman sikap toleransi pada anak 5-6 tahun. Pada penelitian ini sikap toleransi anak dinilai dengan pretest sebelum perlakuan, yang dilanjutkan dengan posttest setelah perlakuan sesuai dengan model pendidikan karakter yang diinginkan. Berdasarkan perhitungan desktriptif, hasil pretest untuk kelompok eksperimen adalah 98,9, sedangkan hasil posttest adalah 106,625, dengan standar deviasi pretest 7,83 dan standar deviasi posttest 7,36 yang mengindikasikan adanya peningkatan sikap toleransi. Selanjutnya, pada kelompok kontrol diperoleh nilai 100,3 untuk pretest dan 97,3 untuk posttest, dengan standar deviasi pretest 13,02 dan standar deviasi posttest 10,36. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter yang diterapkan oleh guru dianggap sudah efektif penanaman sikap toleransi pada anak yang terintegrasi dalam pembelajaran.Downloads
Published
2023-01-15
How to Cite
Wilyanita, N. ., Aryani, N. ., & Jannah, N. R. . (2023). Efektivitas Penanaman Sikap Toleransi Pada Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran PAUD di TK Bustanul Atfal II. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3613–3616. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11588
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nopa Wilyanita, Nini Aryani, Nisa Rosati Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).