Efektivitas Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran

Authors

  • Nurul Husna MIN 16 Aceh Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11582

Abstract

Guru adalah ujung tombak dari pembelajaran. Karena itu, guru haru memiliki kinerja yang baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru adalah melalui supervisi kepala sekolah. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru melalui supervisi klinis. Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, pada siklus I (satu) tingkat kinerja guru terhadap efektifitas pembelajaran sudah menunjukkan peningkatan di banding dengan kondisi awal. Namun hasil yang tercapai belum maksimal. Kemudian, peneliti melanjutkan pada siklus II dengan terlebih dahulu melakukan perbaikan atas kelemahan yang terdapat pada siklus I. Pada pelaksanaan tindakan siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap efektifitas pembelajaran. Akhirnya penelitian ini merekomendasikan bahwa melalui Supervisi Klinis dapat meningkatkan kinerja guru terhadap evektifitas pembelajaran pada MIN 16 Aceh Timur.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Husna, N. . (2023). Efektivitas Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3561–3573. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11582