Implementasi Model NHT (Number Head Together ) di Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Ida Royani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hadiyah Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aufa Aufa [email protected]
  • Amalia Amalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Roro Ayu Angeli Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11537

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas belajar siswa yang mencakup aktivitas belajar siswa saat bekerja dalam kelompok dikelas pada mata pelajaran IPA dan juga prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Dalam proses belajar mengajar di kelas seorang guru dituntut mampu memilih jenis metode, teknik, strategi, pendekatan atau model mengajar yang tepat agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisiein sesuai tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah dalam memilih metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan materi pelajaran adalah dengan terlebih dahulu menguasai berbagai jenis metode mengajar baik teori maupun praktek penggunaannya sebagai teknik penyajian bahan pelajaran kepada siswa. Model pembelajaran kooperatif ada beberapa type yaitu: Student teams Achievement Divisions (STAD), Teams-Games-Tournaments (TGT), Metode Jigsaw, Think-Pair-Share (TPS), Numbered-Head-Together (NHT), Metode Investigasi kelompok/ Group Investigasion (GI).

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Royani, I. ., Putri, H. ., Aufa, A., Amalia, A., & Angeli, R. A. . (2023). Implementasi Model NHT (Number Head Together ) di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3370–3376. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11537