Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak

Authors

  • Ninik Evianah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11500

Abstract

Konsep sekolah ramah anak harus mempertimbangkan situasi sekolah yang melaksanakan pendidikan karakter yang vital, aman, bersih, sehat, peduli dan berbudaya, lingkungan, mampu menjamin, memenuhi, menghormati hak-hak anak dan sekolah ramah anak harus mempertimbangkan situasi sekolah yang menyelenggarakan pendidikan karakter yang vital, aman, bersih, dan sehat, peduli dan berbudaya, lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghormati hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan tidak adil lainnya, serta menjamin partisipasi anak dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak dalam pendidikan. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan penelitian yuridis normatif dengan mendeskripsikan kondisi Perlindungan hak anak yang terjadi terkait dengan teori Perlindungan hukum dan konsep Sekolah Ramah Anak. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer yang diperoleh melalui KPAI, data sekunder berupa buku referensi, artikel, jurnal, dan penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dalam penerapan model CFS, hak-hak anak diprioritaskan. Pelaksanaan pembelajaran ramah anak sudah mengikuti hampir semua indikator. Indikator ini berhasil diterapkan untuk menghormati hak-hak anak. Komitmen yang kuat, kualitas, dan keterlibatan warga sekolah, sarana dan prasarana yang memadai turut mendukung terselenggaranya CFS. Implementasi model SFS seperti yang diterapkan di Sekolah direkomendasikan untuk diikuti dan dimodifikasi di sekolah lain.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Evianah , N. . (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3216–3224. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11500