Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11500Abstract
Konsep sekolah ramah anak harus mempertimbangkan situasi sekolah yang melaksanakan pendidikan karakter yang vital, aman, bersih, sehat, peduli dan berbudaya, lingkungan, mampu menjamin, memenuhi, menghormati hak-hak anak dan sekolah ramah anak harus mempertimbangkan situasi sekolah yang menyelenggarakan pendidikan karakter yang vital, aman, bersih, dan sehat, peduli dan berbudaya, lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghormati hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan tidak adil lainnya, serta menjamin partisipasi anak dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak dalam pendidikan. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan penelitian yuridis normatif dengan mendeskripsikan kondisi Perlindungan hak anak yang terjadi terkait dengan teori Perlindungan hukum dan konsep Sekolah Ramah Anak. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer yang diperoleh melalui KPAI, data sekunder berupa buku referensi, artikel, jurnal, dan penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dalam penerapan model CFS, hak-hak anak diprioritaskan. Pelaksanaan pembelajaran ramah anak sudah mengikuti hampir semua indikator. Indikator ini berhasil diterapkan untuk menghormati hak-hak anak. Komitmen yang kuat, kualitas, dan keterlibatan warga sekolah, sarana dan prasarana yang memadai turut mendukung terselenggaranya CFS. Implementasi model SFS seperti yang diterapkan di Sekolah direkomendasikan untuk diikuti dan dimodifikasi di sekolah lain.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Evianah , N. . (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3216–3224. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11500
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ninik Evianah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).