Studi Literatur : Penerapan Modul Busana Anak Di Smk Tata Busana

Authors

  • Rochma Tarwiyah Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Mein Kharnolis Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11493

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang dipakai sebagai pendukung pembelajaran mandiri karena siswa cenderung kurang aktif dikelas dan sebagai bekal siswa tata busana setelah menempuh pelajaran busana anak. Penelitian ini mengulas tentang studi literatur penerapan modul busana anak di SMK Tata Busana. Penelitian ini bertujuan  menganalisis keberhasilan modul tata busana, khususnya pada mata pelajaran busana anak. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian berikut yakni penelitian dekskriptif kualitatif menggunakan metode pengumpulan data melalui studi literatur. Sumber data pada penelitian berikut dikutip dari buku, artikel, dan jurnal yang telah terpublikasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pengembangan modul busana anak akan mendapatkah hasil yang lebih efektif apabila menggunakan teori Borg & Gall pada modul yang digunakan dalam pembelajaran secara langsung dan memiliki hasil yang efektif pada e-modul jika menggunakan teori ADDIE. Modul pembelajaran digunakan sebab mempunyai suatu karakteristik self instructional  serta stand alone. Dari hasil penelitian yang telah dikaji, modul pembelajaran busana anak di SMK tata busana mampu meningkatkan minat belajar, motivasi, mengatasi keterbatasan waktu serta mendukung pembelajaran mandiri, akan tetapi pada beberapa materi seperti modul pembelajaran tentang pola memang tetap butuh didampingi guru terlebih dahulu dalam penggunaannya.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Utami, R. T. ., & Kharnolis, M. . (2023). Studi Literatur : Penerapan Modul Busana Anak Di Smk Tata Busana . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3179–3188. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11493