Studi Literatur : Penerapan Modul Busana Anak Di Smk Tata Busana
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11493Abstract
Modul merupakan bahan ajar yang dipakai sebagai pendukung pembelajaran mandiri karena siswa cenderung kurang aktif dikelas dan sebagai bekal siswa tata busana setelah menempuh pelajaran busana anak. Penelitian ini mengulas tentang studi literatur penerapan modul busana anak di SMK Tata Busana. Penelitian ini bertujuan menganalisis keberhasilan modul tata busana, khususnya pada mata pelajaran busana anak. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian berikut yakni penelitian dekskriptif kualitatif menggunakan metode pengumpulan data melalui studi literatur. Sumber data pada penelitian berikut dikutip dari buku, artikel, dan jurnal yang telah terpublikasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pengembangan modul busana anak akan mendapatkah hasil yang lebih efektif apabila menggunakan teori Borg & Gall pada modul yang digunakan dalam pembelajaran secara langsung dan memiliki hasil yang efektif pada e-modul jika menggunakan teori ADDIE. Modul pembelajaran digunakan sebab mempunyai suatu karakteristik self instructional serta stand alone. Dari hasil penelitian yang telah dikaji, modul pembelajaran busana anak di SMK tata busana mampu meningkatkan minat belajar, motivasi, mengatasi keterbatasan waktu serta mendukung pembelajaran mandiri, akan tetapi pada beberapa materi seperti modul pembelajaran tentang pola memang tetap butuh didampingi guru terlebih dahulu dalam penggunaannya.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Utami, R. T. ., & Kharnolis, M. . (2023). Studi Literatur : Penerapan Modul Busana Anak Di Smk Tata Busana . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3179–3188. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11493
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rochma Tarwiyah Utami, Mein Kharnolis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









