Pendekatan Transformative Learning Jack Mezirow Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kelompok Lanjut Usia Pada Masa Pandemi

Authors

  • Dina Meriana Sinaga Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11432

Abstract

Pandemi Covid-19 Berdampak Besar Pada Seluruh Aspek Kehidupan Manusia, Bukan Hanya Karena Banyaknya Jumlah Korban Memainkan Juga Dampak Terhadap Kehidupan Ekonomi, Social, Mental Dan Spiritual Manusia. Perubahan Pola Hidup Secara Terpaksa Melalui Pebatasan Social Mengakibatkan Dilema Disorientif Terutama Terhadap Golongan Lanjut Usia Melalui Adanya Gangguan Kecemasan, Ketakutan, Dan Kesepian Merupakan Gejala Umum Yang Dialami Selama Masa Pandemi. Dengan Menggunakan Metode Studi Kepustakaan, Penelitian Ini Menghasilkan Kesimpulan Bahwa Pendekatan Transformative Learning Dari Jack Mezirow Dapat Dipakai Sebagai Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Golongan Lanjut Usia. Pendekatam Tersebut Dapat Mengubah Asumsi Mengenai Pandemi, Dari Sikap Negative Dalam Wujud Kecemasan Menjadi Positif Dalam Wujud Pengharapan.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Sinaga, D. M. . (2023). Pendekatan Transformative Learning Jack Mezirow Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kelompok Lanjut Usia Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2926–2935. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11432