Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11415Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan lembar kerja siswa dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Raburia Kabupaten Ende. Hasil observasi menunjukan bahwa aktifitas belajar siswa belum maksimal dilakukan karena kurangnya penggunaan alat bantu dalam pembelajaran atau sarana pendukung pelaksanaan pembelajaran dan salah satunya adalah lembar kerja siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek peneliti adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Raburia dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan nilai rata-rata serta prosentasi keaktifan. Hasil analisis menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada kegiatan pra tindakan sebesar 54%. Dari hasil pra tindakan akan dilakukan tindakan siklus I dan hasil aktivitas mencapai 56% dengan kriteria kurang aktif. Selanjutnya dilakukan perbaikan disiklus II dan mencapai hasil sebesar 80% dengan kriteria aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa sangat efektif untuk meningkatkan aktifitas pembelajaran IPS karena terciptanya komunikasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.Downloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Rando, A. R. ., & Pali, A. . (2023). Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2861–2868. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11415
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Agnes Remi Rando, Agustina Pali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









