Dampak Penggunaan Gadget terhadap Degradasi Moral Pelajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11393Abstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah berkembang dengan pesat. Penggunaan gadget dapat berdampak pada perkembangan anak, karena gadget memiliki berbagai fitur dan aplikasi yang menarik, dan bervariasi sehingga dapat menambah daya tarik bagi setiap orang. Gadget diharapkan memberikan manfaat bagi para penggunanya, dimana para penggunanya harus mampu mengoperasikan gadget dengan baik, mengetahui fungsi gadget, dan mengetahui manfaat dari aplikasi gadget. Dampak negatif dalam penggunaan dapat terjadi bila penggunanya tidak dapat menyaring konten dan mengelola waktu dengan baik. Hal tersebut dapat mengarah terjadinya degradasi moral. Degradasi moral merupakan dampak negatif dari perkembangan ICT yang tidak terkontrol sehingga memunculkan celah untuk melakukan suatu hal yang dapat merugikan penggunanya dan orang lain. Dampak dari degradasi moral pelajar akibat dari penggunaan gadget adalah merubah pola perilaku pelajar. Hal tersebut dapat dilihat dari siswa sudah tidak lagi fokus dalam pembelajaran, terjadinya perubahan pola perilaku pada siswa karena pengaruh dari media sosial, seperti mengikuti gaya artis yang di idolakan, mengikuti gaya hidup di zaman sekarang, dan lain sebagainya, sehingga yang terjadi adalah para pelajar melakukan penyimpangan sosial baik ketika di dalam kelas maupun di luar kelas. Generasi pelajar perlu membekali diri dengan nilai spiritual dan moral sehingga terbentuk pribadi yang kuat.Downloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Abidah , A. . (2023). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Degradasi Moral Pelajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2716–2725. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11393
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Abidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).