Administrasi Tata Kelola dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Romaulina Simanjuntak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Elfrianto Elfrianto Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Yusmidani Yusmidani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Vivery Saragih Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11370

Abstract

Kata administrasi berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata ad dan ministrare. Kata ad sama artinya dengan kata to (dalam bahasa inggris), yang berarti ke atau kepada. Dan ministrare sama artinya dengan kata to serve atau to conduct yang berarti “melayani”, “membantu”, atau mengarahkan”. Jadi to administer berarti “mengatur”, “memelihara” atau “mengarahkan”. Jadi, kata “administrasi” diartikan sebagai: suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur kegiatan untuk mencapai suatu tujuan [1] (Endang Sri Budi Herawati dan Adiman. Tata Kelola Administrasi Persekolahan. (Jawa Timur: Qiara Media, 2020). Hal 1). Sedangkan  tata kelola adalah merupakan Merupakan bagian dari proses manajemen atau kepemimpinan berupa kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan, pengawasan dan penilaian Pendidikan. Kurikulum merdeka adalah metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Para pelajar dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai passion yang dimilikinya, ada tiga pilihan dalam implementasi Kurikulum Merdeka, pertama: Mandiri Belajar, Kedua: Mandiri Berubah, Ketiga: Mandiri Berbagi. Implementasi kurikulum merdeka adalah berupa kegiatan pelaksanaan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan dengan baik dan sesuai kaidah Administrasi tata Kelola. Tata kelola yang baik akan membantu kesiapan kepala sekolah, guru, dan seluruh stake holder  dalam mengimplementasikan kurikulum dengan baik.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Simanjuntak, . . R. ., Elfrianto, . E., Yusmidani, Y., & Saragih, V. . (2023). Administrasi Tata Kelola dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2613–2619. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11370