Pengaruh Penggunaan Aplikasi Benime Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Otomatisasi Tataniaga Kelola Perkantoran

Authors

  • Zulkifli N Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Handy Ferdiansyah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rita Gustiyanti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Wahyudi Sofyan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.11339

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan aplikasi terhadap hasil belajar siswa kelas X Otomatisasi Tataniaga Kelola Perkantoran 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel. variabel bebas yaitu pengaruh penggunaan Benime (x) dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa kelas X Otomatisasi Tataniaga Kelola Perkantoran 1 (y). Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Sidrap. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes yang kemudian dianalisa menggunakan rumus mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap media pembelajaran Benime terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMKN 2 Sidrap dengan hasil nilai rata-rata lebih tinggi daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan Benime. Hasil tersebut diperoleh dari penilaian dari siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar media pembelajaran hendaknya dimanfaatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

N, . Z. ., Ferdiansyah, H. ., Gustiyanti, R. ., & Sofyan, W. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Benime Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Otomatisasi Tataniaga Kelola Perkantoran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11183–11190. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.11339

Most read articles by the same author(s)