Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 38 Medan Krio

Authors

  • Alyda Rizkiah Putri Siregar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Muhammadiyah 38 Medan Krio pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini tidak menguji hipotesa atau tidak menggunakan hipotesa, melainkan hanya mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variabel-variabel yang diteliti. Populasi atau subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas V di SD Swasta Muhammadiyah 38 Medan Krio Tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Penggunaan media gambar seri dalam menulis karangan deskripsi sudah menunjukkan hasil yang baik. Terlihat bahwa 21 siswa mencapai nilai KKM untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 70. Sementara itu, ada 3 siswa yang tidak mencapai nilai KKM. Hasil analisis terhadap keterampilan menulis siswa menunjukkan hasil dengan rincian nilai yaitu : 66, 68, 69, 71, 73, 75, 78, 79, 80, 81 82, 86, 88, 89, dan 92

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Siregar, A. R. P. . (2023). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 38 Medan Krio. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2438–2444. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11333