Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 38 Medan Krio
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11333Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Muhammadiyah 38 Medan Krio pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini tidak menguji hipotesa atau tidak menggunakan hipotesa, melainkan hanya mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variabel-variabel yang diteliti. Populasi atau subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas V di SD Swasta Muhammadiyah 38 Medan Krio Tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Penggunaan media gambar seri dalam menulis karangan deskripsi sudah menunjukkan hasil yang baik. Terlihat bahwa 21 siswa mencapai nilai KKM untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 70. Sementara itu, ada 3 siswa yang tidak mencapai nilai KKM. Hasil analisis terhadap keterampilan menulis siswa menunjukkan hasil dengan rincian nilai yaitu : 66, 68, 69, 71, 73, 75, 78, 79, 80, 81 82, 86, 88, 89, dan 92Downloads
Published
2023-01-11
How to Cite
Siregar, A. R. P. . (2023). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 38 Medan Krio. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2438–2444. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11333
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Alyda Rizkiah Putri Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).