Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Agresivitas Verbal Siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi

Authors

  • Linsa Cristen Nia Ginting Universitas Jambi
  • Akmal Sutja Universitas Jambi
  • Freddi Sarman Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11328

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengukur pengaruh kematangan emosi siswa terhadap agresivitas verbal siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatiif dengan menggunakan metode expost facto. Jumlah siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini yakni 75 orang siswa yang terdiri dari kelas 7 sampai 9 dengan menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yakni instrumen angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kematangan emosi siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 67,9 % serta agresivitas verbal berada pada kategori yang tinggi yakni 69,4 %. Selanjutnya hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kematangan emosi (X) terhadap agresivitas verbal siswa (Y) di SMP Negeri 22 Kota Jambi dengan persentase sebesar 30%. Berdasarkan hasil temuan tersebut disimpulkan bahwa kematangan emosi erat mempengaruhi agresivitas verbal siswa, dengan hal itu mampu dijadikan sebagai landasan untuk mengembangkan program-program bimbingan dan konseling terutama dalam pemberian layanan guna meningkatkan kematangan emosi serta menurunkan agresivitas verbal siswa.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Ginting, L. C. N. ., Sutja, A. ., & Sarman, F. . (2023). Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Agresivitas Verbal Siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2364–2368. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11328