Motivasi Guru Honorer Taman Kanak-Kanak (Tk)

Authors

  • Aad Satria Permadi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11322

Abstract

Gaji guru honorer Taman Kanak-kanak (TK) masih di bawah kelayakan sosial. Secara teoretik, keadan tersebut akan menurunkan motivasi guru-guru honorer TK dalam menjalani profesinya. Namun ada sebagian guru-guru honorer TK yang justru termotivasi dengan profesinya tersebut. Mereka tetap mencintai pekerjaannya walaupun dengan gaji yang sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika motivasi guru honorer TK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Partisipan penelitian adalah enam orang guru TK di Yogyakarta. Partisipan dipilih dengan metode purposive sampling. Data diambil dengan wawancara mendalam dan dianalisa dengan teknik Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi guru honorer TK muncul ketika individu memaknai profesinya dengan nilai-nilai kebajikan (anchor of virtues) dan mendapatkan dukungan sosial (social support). Fungsi social support sebagai konfirmator anchor of virtues adalah termuan baru yang juga didiskusikan dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Permadi, A. S. (2023). Motivasi Guru Honorer Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2869–2878. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11322