Motivasi Guru Honorer Taman Kanak-Kanak (Tk)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11322Abstract
Gaji guru honorer Taman Kanak-kanak (TK) masih di bawah kelayakan sosial. Secara teoretik, keadan tersebut akan menurunkan motivasi guru-guru honorer TK dalam menjalani profesinya. Namun ada sebagian guru-guru honorer TK yang justru termotivasi dengan profesinya tersebut. Mereka tetap mencintai pekerjaannya walaupun dengan gaji yang sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika motivasi guru honorer TK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Partisipan penelitian adalah enam orang guru TK di Yogyakarta. Partisipan dipilih dengan metode purposive sampling. Data diambil dengan wawancara mendalam dan dianalisa dengan teknik Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi guru honorer TK muncul ketika individu memaknai profesinya dengan nilai-nilai kebajikan (anchor of virtues) dan mendapatkan dukungan sosial (social support). Fungsi social support sebagai konfirmator anchor of virtues adalah termuan baru yang juga didiskusikan dalam penelitian ini.Downloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Permadi, A. S. (2023). Motivasi Guru Honorer Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2869–2878. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11322
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aad Satria Permadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









