Penggunaan Media Audio Visual sebagai Motivasi Belajar Siswa di SDS Al Ikhlash Taqwa Sukaramai

Authors

  • Nadia Nadia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Aufa Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Neha Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Khairunnisa Dwi Harry Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Siti Khadijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11304

Abstract

Motivasi belajar dapat diartikan sebagai daya pendorong untuk melakukan aktivitas belajar tertentu yang berasal dari dalam diri dan juga dari luar individu sehingga menumbuhkan semangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran audio visual sebagai motivasi belajar siswa SD kelas 4 salah satunya di sekolah SDS AL IKHLAS TAQWA sukaramai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan instrument penelitian melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menjelaskan dan menggambarkan bahwa dengan penggunaaan media pembelajaran audio visual di SDS AL IKHLASH TAQWA sukaramai sebagai motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya media audio visual. Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran dapat berpengaruh, ketika siswa menilai bahwa apa yang di tampilkan oleh guru itu menarik maka ia akan terdorong atau merasa tertantang untuk mengetahui apa yang akan di sampaikan oleh guru sehingga proses belajar akan menjadi lebih menyenangkan. Di SDS AL IKHLAS TAQWA tidak hanya menggunakan media visual saja, tetapi juga menggunakan media buku dan gambar. Dengan demikian pentingnya ada media dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Nadia, N., Aufa, A., Lestari, N., Harry, K. D. ., & Khadijah, S. . (2023). Penggunaan Media Audio Visual sebagai Motivasi Belajar Siswa di SDS Al Ikhlash Taqwa Sukaramai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2252–2257. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11304