Implementasi dalam Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA Kelas III SDS 1 Mardiatul Islamiyah Medan

Authors

  • Aufa Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ananta Pramayshela Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lisa Sabina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Azkia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rinanti Ito Pohan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11300

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dalam pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di SDS 1 Mardiatul Islamiyah Medan. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas 3 SDS 1 Mardiatul Islamiyah Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi langsung ke SDS 1 Mardiatul Islamiyah Medan. Penelitian ini menjelaskan dan memberi gambaran mengenai Implikasi dalam pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA kelas III di SDS 1 Mardiatul Islamiyah Medan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwasannya kemampuan peserta didik dalam mengimplementasikan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik, tidak mencapai tujuan yang diinginkan, dengan kata lain peserta didik dikelas III di SDS 1 Mardiatul Islamiyah Medan masih pada standar peserta didik lainnya, yakni duduk dan diam. dengan demikian, diharapkan guru untuk lebih aktif dan kreatif lagi dalam mengajar, sehingga para peserta didik lebih semangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Aufa, A., Pramayshela, A. ., Sabina, L. ., Azkia, P. ., & Pohan, R. I. . (2023). Implementasi dalam Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA Kelas III SDS 1 Mardiatul Islamiyah Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2239–2243. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11300