Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistik Kelas X TBSM 1 SMK N 1 Bangkinang Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11191Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SMKN 1 Bangkinang guru masih ada yang mengajarkan mata pelajaran matematika masih dengan menggunakan cara tradisional dengan arti kata belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Guru dalam mengajar matematika di kelas harus mengaitkan pembelajarannya dengan skema yang telah dimiliki oleh siswa dan siswa harus diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-ide matematika tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Kegiatan penelitian meliputi (1) kegiatan refleksi awal yang terdiri dari studi pendahuluan, serta penyusunan rancangan, (2) kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi, dan (3) kegiatan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM1 terteliti yang berjumlah 35 orang. Setelah data terkumpul data disesuaikan dengan teknik kualitatif. Bentuk pembelajaran dengan pendekatan realistik terhadap pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Meningkatnya hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh pada siklus I yakni 68.14 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu menjadi 84.57.Downloads
Published
2023-01-08
How to Cite
Kusnadi, K. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistik Kelas X TBSM 1 SMK N 1 Bangkinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1664–1671. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11191
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Kusnadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).