Tingkat Keterampilan Komunikasi Intrapersonal Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11114Abstract
Keterampilan komunikasi intrapersonal dipandang sangat penting bagi seorang siswa dimana komunikasi intrapersonal merupakan bentuk komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang mengenai berbagai kejadian-kejadian hidup yang meliputi aktivitas menerima informasi, mengolah, menyimpan dan menghasilkan kembali yang dapat dikenali dari perasaan, pemikiran, nilai-nilai prinsip yang dipegang, kegiatan mengkhayal dan sebagainya. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan komunikasi intrapersonal yang dimiliki oleh siswa SMA Negeri 2 Baubau sebagai kompetensi yang sangat diperlukan untuk mengintrospeksi diri serta adanya kecenderungan siswa yang sulit menyadari kekeliruan yang dilakukan di lingkungan sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survey pada 85 orang siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Baubau. Hasil penelitian menunjukan adanya tingkat keterampilan komunikasi intrapersonal siswa berdasarkan aspek monolog, aspek komunikasi lisan, dan aspek komunikasi tulisan yaitu dengan rincian kategori rendah terdapat 12 siswa (14,12 %), kategori sedang terdapat 62 siswa (72,94 %), dan kategori tinggi terdapat 11 siswa (12,94 %). Dengan demikian rata-rata keterampilan komunikasi intrapersonal siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Baubau masih berada pada kategori sedang.Downloads
Published
2023-01-06
How to Cite
Edison, E., Kurniawan, U. T. ., & T, R. . (2023). Tingkat Keterampilan Komunikasi Intrapersonal Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Baubau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1101–1109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11114
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Edison, Unhaluddin T. Kurniawan, Rosmawati T

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









