Implementasi Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perkalian Di Kelas III SD Al-Madany
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11095Abstract
1.) Latar belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemempuan siswa kelas III SD AL-MADANY dalam mempelajari matematika melalui materi perkalian. Oleh karena itu,peneliti menerapkan metode jarimatika untuk pembelajaran perkalian. 2.) Purpose of the Study : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD AL MADANY Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Pada tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 19 perempuan dan 16 laki-laki. 3.) Methods : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus masing-masing siklus terdiri pertemuan. Setiap siklus diakhiri dengan soal evaluasi untuk mengetahui keberhasilan peningkatan belajar siswa pelaksanaan penelitian ini telah dilakukan dengan jadwal sebagai berikut: Siklus I pertemuan 1, siklus I pertemuan 2, siklus I pertemuan 3. Serta siklus II pertemuan 1, siklus II pertemuan 2, siklus II pertemuan 3. Subjek pada penelitian dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah semua siswa kelas III SD AL MADANY Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 27 siswa yang terdiri atas 19 laki-laki dan 16 perempuan. 4.) Result: Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika kelas III di SD AL MADANY pada materi perkalian matematika meningkat. Hal tersebut terbukti 80% setelah menerapkan metode Jarimatika, banyak anak yang sudah bisa menghitung perkalian baik perkalian ratusan atau puluhan. 5.) Kesimpulan: Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian, serta bisa meningkatkan motivasi belajar siswa sesudah menerapkan metode jarimatika dalam kegiatan pembelajaran lebih memudahkan siswa dalam memperoleh pemahaman dan memotivasi siswa untuk belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Akmalia, R. ., & Marzuki, I. . (2023). Implementasi Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perkalian Di Kelas III SD Al-Madany. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2414–2421. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11095
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Roza Akmalia, Ismail Marzuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).