Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 2 Pada Sekolah Dasar

Authors

  • Thannia Mustika Oktora Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yeni Rohyani Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11061

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 mengisyaratkan penggunaan pendekatan tematik dalam pembelajaran kelas 1 sampai kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Bahkan dewasa ini pasca diberlakukannya Kurikulum 2013, pendekatan tematik wajib diimplementasikan dari kelas 1 sampai kelas 6 pada proses pembelajaran. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat lewat pemberian bantuan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan dan untuk menyadarkan potensi yang dimiliki, serta membantu meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan. Mahasiswa akan mendapatkan kemampuan generatif berupa life skills (kecakapan / ketrampilan hidup) KKN ini dilaksanakan di Desa Muara. Metode yang digunakan: (1) tanya jawab, (2) dokumentasi, dan (3) melihat ke lapangan secara langsung. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwasannya siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dengan diterapkannya model pembelajaran tematik. Model pembelajaran tematik ini juga memang telah diterapkan oleh guru pada setiap kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Mustika Oktora, T., & Rohyani, Y. . (2023). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 2 Pada Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 920–925. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11061