Optimalisasi Pembelajaran Melalui Tiga Pintu di Daerah Pedalaman Merauke SD YPPK Santo Lukas Kampung Boha Distrik Muting

Authors

  • Iksan Hamidi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur Hidayat Pasca Sarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memperoleh informasi tentang pelaksanaan proses pembelajaran di SD YPPK Santa Lukas kampung Boha Distrik Muting. Proses pembelajaran yang terjadi di daerah pedalaman Merauke secara umum hampir tidak berjalan secara optimal, hal ini tentu adanya faktor yang mempengaruhinya. Rendahnya Pendidikan dan ekonomi masyarakat menjadi faktor utamanya. Penelitian ini menggunakan metode study kasus eksplorasi dengan pendekatan kualitatif naratif, model ini peneliti ambil untuk dapat memotret dan mendeskripsikan fakta dan temuan yang dipadukan dengan berbagai literatur yang sesuai dengan judul penelitian. Dengan pendekatan ini diharapkan penelitian ini dapat menggambarkan secara objektif tentang optimalisasi pembelajaran di SD YPPK Santa Lukas Kampung Boha Distrik Muting. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dan model pembelajaran melalui tiga pintu dapat mengoptimalkan pembelajaran yang baik, efektif dan efisien bagi peserta didik yang ada di daerah pedalaman Merauke Papua secara umum dan khususnya di SD YPPK Santa Lukas Kampung Boha Distrik Muting.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Hamidi, I. ., & Hidayat, N. . (2023). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Tiga Pintu di Daerah Pedalaman Merauke SD YPPK Santo Lukas Kampung Boha Distrik Muting. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 588–594. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10990