Optimalisasi Pembelajaran Melalui Tiga Pintu di Daerah Pedalaman Merauke SD YPPK Santo Lukas Kampung Boha Distrik Muting
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10990Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memperoleh informasi tentang pelaksanaan proses pembelajaran di SD YPPK Santa Lukas kampung Boha Distrik Muting. Proses pembelajaran yang terjadi di daerah pedalaman Merauke secara umum hampir tidak berjalan secara optimal, hal ini tentu adanya faktor yang mempengaruhinya. Rendahnya Pendidikan dan ekonomi masyarakat menjadi faktor utamanya. Penelitian ini menggunakan metode study kasus eksplorasi dengan pendekatan kualitatif naratif, model ini peneliti ambil untuk dapat memotret dan mendeskripsikan fakta dan temuan yang dipadukan dengan berbagai literatur yang sesuai dengan judul penelitian. Dengan pendekatan ini diharapkan penelitian ini dapat menggambarkan secara objektif tentang optimalisasi pembelajaran di SD YPPK Santa Lukas Kampung Boha Distrik Muting. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dan model pembelajaran melalui tiga pintu dapat mengoptimalkan pembelajaran yang baik, efektif dan efisien bagi peserta didik yang ada di daerah pedalaman Merauke Papua secara umum dan khususnya di SD YPPK Santa Lukas Kampung Boha Distrik Muting.Downloads
Published
2023-01-04
How to Cite
Hamidi, I. ., & Hidayat, N. . (2023). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Tiga Pintu di Daerah Pedalaman Merauke SD YPPK Santo Lukas Kampung Boha Distrik Muting. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 588–594. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10990
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Iksan Hamidi, Nur Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).