Pengaruh Latihan Front Split dan Middle Split Terhadap Teknik Eolgol Dolyo Chagi Atlet Junior Hapkido Dojang SMA Negeri Seputih Banyak Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10892Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manakah yang lebih efektif antara bentuk metode latihan Front Split dan Midle Split terhadap tekhnik Eolgol Dolyo Chagi pada Dojang SMA N 1 Seputi Banyak, Lampung Tengah. Maka dengan latihan kelenturan menjadi salah satu faktor yang utama dalam melakukan tendangan, oleh karena itu kelenturan dianggap sebagai faktor yang dominan untuk tinggi tendangan eolgol dollyo chagi. Namun berdasarkan pengamatan pada saat latihan dan pengamatan pada beberapa kejuaraan yang telah di ikuti selama ini, khususnya pada atlet dojang SMA Negeri 1 Seputih Banyak. Ternyata, masih banyak atlet yang tidak menyadari dan memperhatikan betapa pentingnya unsur ketepatan dalam melakukan tendangan, terutama tendangan eolgeol dollyo chagi. Sehingga dari jumlah 10 atlet yang diamati dalam pertandingan, teknik tendangan eolgol dollyo chagi yang diarahkan ke arah atas atau dengan sasaran kepala 5 atlet tidak mencapai sasaran atau bisa dikatakan 50% tidak tepat. Keadaan tersebut menimbulkan minat untuk diteliti, terutama peningkatan kemampuan tendangan eolgeol dollyo chagi setelah diberikan model latihan split untuk meningkatkan kelenturan, yakni melalui latihan middle split dan front split pada para atlet junior Hapkido dojang SMA Negeri 1 Seputih Banyak.Downloads
Published
2023-01-03
How to Cite
Zulkarnain, F. ., Hidayat, T. A. S. ., & Sari, I. R. . (2023). Pengaruh Latihan Front Split dan Middle Split Terhadap Teknik Eolgol Dolyo Chagi Atlet Junior Hapkido Dojang SMA Negeri Seputih Banyak Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 174–187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10892
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ferdi Zulkarnain, Tri Alim Saputra Hidayat, Indah Ratna Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









