Penanganan Bullying Dengan Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Siswa SDN Duren I
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10880Abstract
Karakter siswa semakin tidak sesuai apa yang diharapkan. Melihat keadaan lapangan ada beberapa kasus bullying terhadap teman sekelasnya, tujuan dari penelitian ini sebagai penanganan bullying dengan menanamkan pendidikan karakter pada siswa di SDN Duren I. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus (case study). Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas VI SDN Duren I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan adanya 3 jenis bentuk-bentuk bullying yaitu: (1) Bentuk perilaku bullying secara fisik, (2) Bentuk perilaku bullying secara verbal, dan (3) Bentuk perilaku bullying secara psikologis. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya perilaku bullying, diantaranya: (1) Faktor kepribadian, (2) Faktor keluarga, dan (3) Faktor lingkungan sekolah. Penanganan penanaman pendidikan karakter yang dilakukan diantaranya: (1) Penanaman nilai-nilai karakter melalui pembelajaran yang terintegrasi dengan mata pelajaran, (2) Sosialisasi kepada siswa dan orangtua oleh guru dan kepala sekolah (3) Membangun komunikasi dan pendekatan antara siswa, orang tua, guru dan kepala sekolah agar dapat mendeteksi terjadi nya bullying. (4) Membuat peraturan dan sanksi yang tegas, jika pelaku masih mengulangi perilaku bullying guru akan memanggil orangtua pelaku.Downloads
Published
2023-01-02
How to Cite
Hidayanti, I. ., Yulianti, L. ., Bancin, L. K. ., & Sasmi, W. T. . (2023). Penanganan Bullying Dengan Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Siswa SDN Duren I. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 117–122. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10880
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irma Hidayanti, Lela Yulianti, Lina Karina Bancin, Weni Tri Sasmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).