Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Bunga Bhagasasih Al-Kansa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Silvia Agustini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Putri Indah Pertiwi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10860

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penataan tempat duduk terhadap keefektifan belajar siswa di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi literatur. Pengambilan data-data ini dilakukan dengan cara mengambil referensi dari berbagai buku, jurnal, baik nasional maupun internasional, artikel dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara penataan tempat duduk terhadap keefektifan belajar siswa. Komponen strategi pembelajaran yaitu urutan kegiatan pembelajaran, metode  pembelajaran,  media  yang  digunakan, waktu tatap muka, dan pengelolaan kelas. Oleh karena itu, guru harus memahami komponen strategi pembelajaran salah satunya dalam pengelolaan kelas yang akan berdampak positif apabila dilakukan dengan benar.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Al-Kansa, B. B. ., Agustini, S. ., & Pertiwi, P. I. . (2023). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 683–687. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10860