Budaya Mutu Di Sekolah SD IT Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Center Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10790Abstract
Budaya adalah suatu dasar terbentuknya sebuah kepribadian manusia, dengan adanya budaya dapat terlihat identitas seseorang, identitas masyarakat bahkan identitas suatu lembaga pendidikan. Sedangkan mutu diartikan sebagai ukuran baik buruk tentang sesuatu. Suatu budaya dapat dikatakan bermutu apabila memiliki nilai yang baik untuk diri pribadi (organsiasi itu sendiri) maupun untuk orang lain (masyarakat/pelanggan). Untuk mencapai budaya mutu di dalam organisasi sendiri dilakukan melalui nilai-nilai dasar dan standar yang dapat dijadikan acuan dalam pengembangan budaya yang bermutu baik dalam organisasi bisnis maupun organisasi pendidikan. Mutu lembaga pendidikan pertama-tama nampak pada rumusan visi, misi, nilai dan tujuan. Visi dan misi lembaga pendidikan merupakan sebuah filosofi pendidikan dan sekaligus metodologi untuk membantu lembaga dalam mengelola perubahan secara sistemik dan totalitas. Visi dan misi yang bermutu difokuskan pada kebutuhan pelanggan (costumer), mendorong keterlibatan total komunitas dalam program, mengembangkan sistem pengukuran nilai pendidikan, menunjang sistem yang diperlukan, staf dan peserta didik untuk mengelola perubahan, serta perbaikan berkelanjutan dengan selalu berupaya keras membuat produk pendidikan menjadi lebih baik.Downloads
Published
2023-01-06
How to Cite
Hasibuan, L. H. ., Fachruddin, F., Azizi, A. R. ., Andriani, S. ., Siregar, H. P. ., Ajrina, N. ., … Sirait, B. A. . (2023). Budaya Mutu Di Sekolah SD IT Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Center Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1004–1009. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10790
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Leni Hermita Hasibuan, Fachruddin Fachruddin, Ahmad Raihan Azizi, Sri Andriani, Hemalia Putri Siregar, Nadhilah Ajrina, Abdul Rohim Husaini Wijaya, Budi Akshori Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).