Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Leny Julia Lingga Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10777

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar IPS dikelas IV sekolah dasar penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Subjek dalam penelitan ini siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Seminai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian tindakan kelas dimana dalam penelitain ini dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS dapat meningkat melalui penerapan pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Hal ini bisa dilihat dari hasil pembelajaran yang didapatkan pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM 75 pada pembelajaran IPS hanya 15 orang dari jumlah siswa 25 orang siswa atau 60% peningkatan terjadi pada siklus II jumlah ketercapaian KKM pada pembelajaran IPS meningkat menjadi 23 orang dari jumlah 25 orang siswa atau 92% Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division).

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Lingga, . L. J. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13314–13321. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10777