Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10777Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar IPS dikelas IV sekolah dasar penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Subjek dalam penelitan ini siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Seminai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian tindakan kelas dimana dalam penelitain ini dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS dapat meningkat melalui penerapan pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Hal ini bisa dilihat dari hasil pembelajaran yang didapatkan pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM 75 pada pembelajaran IPS hanya 15 orang dari jumlah siswa 25 orang siswa atau 60% peningkatan terjadi pada siklus II jumlah ketercapaian KKM pada pembelajaran IPS meningkat menjadi 23 orang dari jumlah 25 orang siswa atau 92% Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division).Downloads
Published
2022-12-28
How to Cite
Lingga, . L. J. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13314–13321. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10777
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Leny Julia Lingga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









