Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Model Problem Based Learning Pokok Bahasan Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10732Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-DesignDevelopment-Implement-Evaluation). Selain LKPD, peneliti juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. RPP, LKPD, dan RE divalidasi oleh ahli sebelum diuji cobakan. Berdasarkan hasi validasi yang dilakukan RPP, LKPD,dan RE berkategori sangat valid dengan skor masing-masing yaitu 3.9, 3.7, dan 3.5 (skor maksimal 4,00).Pengujian dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,7 dengan kategori sedang, keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I dan II masing-masing diperoleh skor sebesar 3,24 dan 3, 64 dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik adalah 3,27 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan gerak lurus dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya.Downloads
Published
2022-12-28
How to Cite
Lunur, S. ., & Wijaya, A. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Model Problem Based Learning Pokok Bahasan Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13167–13175. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10732
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sofia Lunur, Anthony Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









