Studi Literature Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10700Abstract
Pembelajaran IPA di SD hendaknya membuka kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu peserta didik secara ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana penelitian dapat mengetahui kesulitan siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi kepada siswa SD. Penelitian ini menjelaskan tentang kesulitan siswa pada pembelajaran IPA SD, bahwa kesulitan yang dialami seorang siswa pada pembelajaran IPA ini ada 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya yaitu kesiapan belajar siswa dalam belajar IPA yang termasuk dalam faktor internal penyebab siswa sulit belajar IPA adalah aspek minat, motivasi, rasa percaya diri, kebiasaan belajar, dan cita-cita, sedangkan faktor eksternalnya yaitu banyak istilah asing, materi yang terlalu padat, terbatasnya media pembelajaran, penguasaan guru akan materi lemah, dan terlalu monotonDownloads
Published
2022-12-27
How to Cite
Efendi, N. ., & putri, L. (2022). Studi Literature Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13084–13089. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10700
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nofriza Efendi,Lisa putri,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).