Pelaksanaan Muhadharah Sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik di SMP Negeri 2 Panyabungan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10691Abstract
Jenis penelitian dalam jurnal ini adalah penelitian lapangan dan metodenya penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitiannya yaitu guru PAI, peserta didik SMP Negeri 2 Panyabungan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan muhadharah di SMP Negeri 2 Panyabungan dilaksanakan setiap hari Jum’at pagi pukul 07.00 WIB sampai selesai. Kegiatan muhadharah ini diikuti oleh semua kelas secara bergiliran dimulai dari kelas yang paling senior yaitu IX dan selanjutnya kelas VIII dan VII. Bahasa yang digunakan dalam kegiatan muhadharah yaitu bahasa Indonesia, Arab, dan bahasa Inggris. Upaya guru pembimbing untuk meningkatkan percaya diri peserta didik pada kegiatan muhadharah yaitu mengajak peserta didik untuk berlatih berpidato secara rutin dan mengikut sertakan peserta didik pada setiap perlombaan baik antar kelas atau antar tingkatan maupun di luar sekolah. Kemudian di setiap akhir bulan diadakan kegiatan muhadharah akbar. Peran peserta didik dalam kegiatan muhadharah terbagi menjadi 5 tugas yaitu: bagian dekorasi, MC, tilawah dan saritilawah, pidato/ceramah dan hiburan. Metode muhadharah yang sering di adalah manuskrip dan memoriter.Downloads
Published
2022-12-26
How to Cite
Pohan, A. J. ., & Nasution, M. P. . (2022). Pelaksanaan Muhadharah Sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik di SMP Negeri 2 Panyabungan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13009–13014. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10691
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ali Jusri Pohan, Meliani Putri Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









