Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Asean Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make And Match Pada Siswa Kelas VI SDN 55/1 Sridadi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10667Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran materi ASEAN dikelas VI SDN 55/I Sridadi, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Make a Match dikelas VI. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu dengan menentukan permasalahan dan menyelesaikannya berdasarkan data-data, menyajikan data, dan menganalisisnya. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, dimana dari masing-masing siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilakukan selama satu pertemuan, begitupun dengan pertemuan pada siklus ke II. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu sebuah penelitian yang dilakukan didalam kelas. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan, serta bagaimana hasil yang yang diinginkan dapat tercapai. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus I dan siklus II menunjukkan hasil yang baik dan bisa meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa serta telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).Downloads
Published
2022-12-26
How to Cite
Rohani, A. ., Putri, V. Y. ., & Anbiyaa, M. . (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Asean Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make And Match Pada Siswa Kelas VI SDN 55/1 Sridadi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12969–12974. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10667
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anti Rohani, Vivin Yr Putri, Maulana Anbiyaa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









