Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran “ KARTU PERSAMAAN” Pada Pembelajaran Persamaan Linear Satu Variabel Bidang studi Matematika Di Kelas VII SMPN 60 Bengkulu Utara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10653Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 60 Bengkulu Utara melalui media pembelajaran” Kartu Persamaan”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian ini mengacu pada modifikasi diagram yang ditemukan oleh Kemmis dan McTaggart, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 60 Bengkulu Utara. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 60 Bengkulu Utara dengan jumlah 28 orang siswa. Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yaitu data diperoleh dari aktivitas siswa & aktivitas guru (data hasil observasi dan dokumentasi). Data kuantitatif yaitu data diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa. Perolehan hasil belajar, aktivitas siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan secara bertahap setiap siklus. Penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa dari 44,64 (nilai rata-rata hasil belajar sebelum penelitian) menjadi 62,50 (siklus I) dan 80,36 (siklus II). Ketuntasan klasikal meningkat dari ketuntasan 53,57% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II. Peningkatan daya serap klasikal dari 62,50% pada siklus I menjadi 80,36% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran “kartu persamaan” dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas VII SMPN 60 Bengkulu Utara.Downloads
Published
2022-12-26
How to Cite
Sularni, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran “ KARTU PERSAMAAN” Pada Pembelajaran Persamaan Linear Satu Variabel Bidang studi Matematika Di Kelas VII SMPN 60 Bengkulu Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13052–13059. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10653
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sularni Sularni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









