Analisis Pembagian Jam Pelajaran Berdasarkan Kurikulum Merdeka di SDN 181 Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10620Abstract
Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka antara lain terletak pada: 1). Struktur kurikulum yang menetapkan 20%-30% jam pelajaran digunakan untuk pengembangan karakter profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembagian jam pelajaran berdasarkan kurikulum merdeka di SDN 181 Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus (case study), yaitu penelitian tentang individu, kelompok, satu organisasi dalam waktu tertentu (Arifin, 2011). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 181 Kota Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru di SDN 181 Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data. dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total mata pelajaran intrakurikuler kelas IV per minggu dan adalah 29 jam dan P5 adalah 7 JP. Total mata pelajaran intrakurikuler kelas I per minggu adalah 23 jam dan P5 adalah 7 JP. Hal ini sudah sesuai dengan SK Kemeristek nomor 262 tahun 2022.Downloads
Published
2022-12-24
How to Cite
Mulyani, H. ., Asih , S. R. ., Alfani, Y. ., & Nazri, N. (2022). Analisis Pembagian Jam Pelajaran Berdasarkan Kurikulum Merdeka di SDN 181 Kota Pekanbaru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12822–12827. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10620
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hastri Mulyani, Sri Retno Asih , Yani Alfani, Nazri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









