Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kooperatif Pada Materi Ekosistem Sawah

Authors

  • Maria Herlina Rea MD Universitas Nusa Nipa
  • Yohanes Boli Tamatan Universitas Nusa Nipa
  • Oktavius Yoseph Tuta Mago Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10573

Abstract

Pembelajaran biologi merupakan pelajaran yang berkaitan dengan hal tentang kehidupan sehari-hari yang dibahas dalam lingkungan ilmu pengetahuan yang memiliki cakupan yang cukup luas sehingga untuk mempelajarinya tidak cukup hanya membaca, tetapi juga mengingat,  memahami dan mengalami lansung sehingga lebih memahami fakta dan konsep materi biologi. Pelajaran biologi membutuhkan model pembalajaran yang tepat sehingga bisa membuat proses belajar mengajar jadi menarik perhatian peserta didik. Diperlukan suatu media yang baik dan bisa membuat interaksi peserta didik secara penuh. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD  pada  materi ekosistem sawah berbasis kooperatif  yang valid dan layak digunakan di Kelas VII SMP.   Penelitian ini dilakukan di SMPN Reroroja Kecamatan Magepanda  Kabupaten Sikka. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Develompment dengan model 4-D. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk LKPD berbasis kooperatif pada materi ekosistem sawah kelas VII SMP sangat valid dengan rerata persentase kevalidan sebesar 92,75 % . Hasil uji tahap  pertama pada kelayakan LKPD dengan berbasis kooperatif  adalah sebesar 93,3% dengan kategori layak. Revisi LKPD setelah uji coba tahap pertama dan dilakukan uji coba tahap kedua menujukan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak dengan nilai 96,7 %  sehingga produk LKPD yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Rea MD, M. H. ., Tamatan, Y. B. ., & Mago , O. Y. T. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kooperatif Pada Materi Ekosistem Sawah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12643–12652. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10573