Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kooperatif Pada Materi Ekosistem Sawah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10573Abstract
Pembelajaran biologi merupakan pelajaran yang berkaitan dengan hal tentang kehidupan sehari-hari yang dibahas dalam lingkungan ilmu pengetahuan yang memiliki cakupan yang cukup luas sehingga untuk mempelajarinya tidak cukup hanya membaca, tetapi juga mengingat, memahami dan mengalami lansung sehingga lebih memahami fakta dan konsep materi biologi. Pelajaran biologi membutuhkan model pembalajaran yang tepat sehingga bisa membuat proses belajar mengajar jadi menarik perhatian peserta didik. Diperlukan suatu media yang baik dan bisa membuat interaksi peserta didik secara penuh. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD pada materi ekosistem sawah berbasis kooperatif yang valid dan layak digunakan di Kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN Reroroja Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Develompment dengan model 4-D. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk LKPD berbasis kooperatif pada materi ekosistem sawah kelas VII SMP sangat valid dengan rerata persentase kevalidan sebesar 92,75 % . Hasil uji tahap pertama pada kelayakan LKPD dengan berbasis kooperatif adalah sebesar 93,3% dengan kategori layak. Revisi LKPD setelah uji coba tahap pertama dan dilakukan uji coba tahap kedua menujukan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak dengan nilai 96,7 % sehingga produk LKPD yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolahDownloads
Published
2022-12-23
How to Cite
Rea MD, M. H. ., Tamatan, Y. B. ., & Mago , O. Y. T. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kooperatif Pada Materi Ekosistem Sawah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12643–12652. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10573
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maria Herlina Rea MD, Yohanes Boli Tamatan, Oktavius Yoseph Tuta Mago
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).