Analisis Break Even Point (BEP) Dalam Strategi Perencanaan Laba dan Perencanaan Penjualan bagi UMKM

Authors

  • Chairunnisa Simamora Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Muliyani Sekolah TinggiI Ilmu Manajemen SUKMA

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10464

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat menyusun dan menganalisis Break Even Point dalam perusahaan yang dimana hasilnya dapat dipergunakan perusahaan sebagai patokan untuk mengetahui laba perusahaan dan target penjualan dimasa yang akan datang. Warkop Bangsa adalah sebuah UMKM yang baru berdiri selama 3 bulan, dengan menu andalan Indomie Bangladesh, Mie Aceh, Teh Susu Telur (TST), dan Kopi Sanger. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualiltaif, dimana data diperoleh berdasarkan observasi, wawancara, dan catatan usaha yang dilaksanakan oleh Warkop Bangsa. Hasil observasi menunjukkan penelitian menunjukkan bahwa penjualan selama sebulan adalah Indomie Bangladesh mencapai 1.000 porsi senilai Rp 11.000.000, Mie aceh sebanyak 750 porsi senilai 9.750.000, TST sebanyak 750 porsi senilai Rp 9.750.000 dan Kopi Sanger sebanyak 300 porsi senilai Rp 3.900.000. Hasil analisis Break Event Point (BEP) menunjukkan bahwa Warkop Bangsa tidak akan memperoleh keuntungan dan tidak pula mengalami kerugian jika Mie Bangladesh terjual sebanyak 380 porsi dengan nilai 4.268.000, Mie Aceh terjual sebanyak 314 porsi senilai 4.100.000, TST terjual sebanayak 117 porsi senilai 2.205.000 dan Kopi Sanger 111 porsi senilai 1.439.000.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Simamora, C. ., & Muliyani. (2022). Analisis Break Even Point (BEP) Dalam Strategi Perencanaan Laba dan Perencanaan Penjualan bagi UMKM. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13322–13330. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10464