Analisis Break Even Point (BEP) Dalam Strategi Perencanaan Laba dan Perencanaan Penjualan bagi UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10464Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat menyusun dan menganalisis Break Even Point dalam perusahaan yang dimana hasilnya dapat dipergunakan perusahaan sebagai patokan untuk mengetahui laba perusahaan dan target penjualan dimasa yang akan datang. Warkop Bangsa adalah sebuah UMKM yang baru berdiri selama 3 bulan, dengan menu andalan Indomie Bangladesh, Mie Aceh, Teh Susu Telur (TST), dan Kopi Sanger. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualiltaif, dimana data diperoleh berdasarkan observasi, wawancara, dan catatan usaha yang dilaksanakan oleh Warkop Bangsa. Hasil observasi menunjukkan penelitian menunjukkan bahwa penjualan selama sebulan adalah Indomie Bangladesh mencapai 1.000 porsi senilai Rp 11.000.000, Mie aceh sebanyak 750 porsi senilai 9.750.000, TST sebanyak 750 porsi senilai Rp 9.750.000 dan Kopi Sanger sebanyak 300 porsi senilai Rp 3.900.000. Hasil analisis Break Event Point (BEP) menunjukkan bahwa Warkop Bangsa tidak akan memperoleh keuntungan dan tidak pula mengalami kerugian jika Mie Bangladesh terjual sebanyak 380 porsi dengan nilai 4.268.000, Mie Aceh terjual sebanyak 314 porsi senilai 4.100.000, TST terjual sebanayak 117 porsi senilai 2.205.000 dan Kopi Sanger 111 porsi senilai 1.439.000.Downloads
Published
2022-12-28
How to Cite
Simamora, C. ., & Muliyani. (2022). Analisis Break Even Point (BEP) Dalam Strategi Perencanaan Laba dan Perencanaan Penjualan bagi UMKM. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13322–13330. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10464
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muliyani, Chairunnisa Simamora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









