Penerapan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas VI SD 55/I Sridadi Pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Willi Maira Universitas Jambi
  • Fadhilah Raihani Universitas Jambi
  • Nurma Nurma Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10457

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan peserta didik agar dapat mengembangkan potensi dirinya dengan menggunakan model Project Based Learning untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VI SDN 55/I Sridadi pada materi rangkaian listrik seri dan paralel. Pada semester I tahun pelajaran 2022/2023(September s.d. November 2022). Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SDN 55/I Sridadi yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 10 siswa putri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, pada siklus 1 dilakukan dalam 2 kali pertemuan dan pada siklus ke 2 dilakukan dalam 1 kali pertemuan dengan prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan peserta didik pada proses pembelajaran

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Maira, W. ., Raihani, F. ., & Nurma, N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas VI SD 55/I Sridadi Pada Mata Pelajaran IPA . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12313–12321. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10457